Potensi Seni dan Budaya

Kota Lainnya
Potensi
Kabupaten Karawang

Kesenian Daerah

http://www1.jabarprov.go.id/assets/data/potensi/200_topeng_banjet.jpg

Seni Topeng Banjet
Topeng Banjet merupakan seni teater Rakyat tradisional khas Karawang, yang berkembang dari mulai zaman penjajahan hingga saat ini, dalam pagelaran seni Topeng Banjet dipentaskan dengan pembukaan dengan Tatalu diringi Kawih (nyayian) Khusus dilanjutkan dengan Ceritera diselingi Guyonan (bodor atau lawak) serta demontrasi mengenai Pencak Silat, kekebalan tubuh tahan dibacok ataupun dibakar, disesuaikan dengan lakon/cerita yang dipentaskan.

Seni odong-Odong Dan Kodok Menyon
Kesenian Odong-odong berkembang cukup pesat di Kabupaten Karawang, kesenian ini menyerupai Kesenian Gotong Sisingaan dari Kabupaten Subang, namun dalam Pagelaran Odong-odong ada lawak jalanan yang dilengkapi Topeng yang cukup unik yakni Menyon (penyot), dengan gerakan yang menggelikan, adapula Topeng bentuk lainnya.
Pagelararan ini berbentuk karnaval atau arak-arakan, dengan memotong anak yang akan di sunat di arak mengelilingi kampung atau jalan raya, dengan diiringi Musik tradisional Karawang.

Seni Egrang
Kesenian Egrang merupakan seni ketangkasan yang berasal dari Negeri Cina, Seni Egrag biasanya dipadukan dengan Seni lainya seperti Odong-odong, dengan kolaborasi Musik Tradisional yang ada di kabupaten Karawang seperti Tanjidor, Ajeng dan lain sebagainya.
Seni ini biasanya dipentaskan pada HUT RI, dan HUT Kabupaten Karawang dan arak-arakan pengantin sunat.

 Jaipongan          

Kesenian Jaipongan merupakan perpaduan Seni Tradisional Ketuktilu, Kliningan, Bajidoran dan Pencaksilat, seni ini merupakan Kesenian Khas Karawang yang sangat diminati dan digandrungi oleh seluruh lapisan masyarakat.
Pagelaran Seni Jaipongan pada saat perayaan pernikahan atau khitanan, hampir diseluruh pelosok pedesaan ataupun perkotaan menggelar hiburan resepsi dengan kesenian khas ini, terutama sesudah panen raya.
Dalam Seni Jaipongan dipentaskan seni tari khas Karawang denga penari yang luwes, kawes, cantik menarik, diiringi dengan tabuhan Gendang yang menantang penonton untuk turut menari disertai gamelan lainnya, serta Juru Kawih yang lirih dan mendayu membuat penonton terpesona dan ingin nandak dan nyawer

 

 

Wayang Golek, Calung Dan Pencaksilat 
Kesenian tradisional khas Jawa Barat seperti Wayang Golek, Calung dan Pencaksilat masih diminati oleh masyarakat Karawang, dibuktikan dengan banyaknya Dalang terkenal ( sebutan yang memainkan wayang ) yang bermunculan di Jawa Barat, diantaranya RH. Cecep Supriadi, R. Eka Regawa, R. Ujang Muchtar dan dalang-dalang lainnya. Kesenian Calung dan Pencaksilat masih banyak peminat Seni tersebut, dengan banyaknya Grup Calung dan Paguron Pencaksilat diseluruh Kabupaten Karawang.

Angklung
Musik Angklung saat ini sudah bergema kembali di Kabupaten Karawang, diminati hampir seluruh Pelajar ditiap SLTP maupun SLTA, ini terbukti dengan tiap-tiap sekolah memilikigrup Angklung ini.
Pada saat ini Musik Angklung di Kabupaten di Kabuopaten Karawang telah dikolaborasikan dengan band ataupun Musik Tradisional lainya. Untuk tingkat pelajar pada saat ini cukup berkiprah di tingkat Jawa Barat maupun Nasional, dengan diraihnya beberapa Predikat Juara. 

 

 

 

 

Liong Dan Barongsay

Kesenian Lainya yang turut berkembang di Kabupaten Karawang adalah Liong dan Barongsay. Seni ini diminati oleh Etnis keturunan Tionghoa, pagelarannya hanya pada hari-hari tertentu, seperti pada Hari Raya Imlek, Cap Go Me, HUT.RI dan HUT Kabupaten Karawang.
Pada pertunjukan Liong dan Barongsay selain mengarak keliling Kota juga dipertunjukan ketangkasan-ketangkasan lainya, seperti perkelahian dua Singa dan mengadu keahlian beladiri, melompat, bertarung dengan Seni dan Keahlian memainkanya.


SOSIAL MEDIA