Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

potensi daerah

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Potensi Pariwisata

    Curug Cilember

    Kabupaten Bandung Barat
    http://www1.jabarprov.go.id/assets/data/potensi/20_curug-cilember.jpg
    • Ikhtisar »
    • Transportasi »
    • Penginapan »
    • Restoran »
    • Cindera Mata »
    • Event »
    • Galeri Foto »
    • Galeri Video »
    keadaan Umum : Curug Cilember seluas 7 hektar terletak di Desa Jogjogan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, berada dibawah pengelolaan RPH Cipayung BKPH Bogor.KPH Bogor. Wana wisata ini terletak pada ketinggian 900 m dpl, konfigurasi lapangan umumnya berge-lombang sampai berbukit. Kawasan ini mempunyai curah hujan 4000 mm/tahun dengan suhu udara 18 – 230 C.
     
    Curug Cilember merupakan salah satu obyek wisata air terjun yang ada di Kabupaten Bogor. Obyek wisata yang terletak di Kecamatan Cisarua ini, berjarak sekitar 21 km dari arah Bogor serta dapat ditempuh dalam waktu + 30 menit dari arah Bogor. Curug Cilember memiliki keunikan tersendiri dikarenakan obyek wisata ini mempunyai obyek wisata air terjun sebanyak 7 buah. Begitu memasuki pintu gerbang wisatawan akan bertemu dengan air terjun (bhs. Sunda=curug) yang pertama dan begitu seterusnya sampai akhirnya di puncak bertemu dengan air terjun yang terakhir yang dikenal dengan nama curug tujuh.
     
     
    Selain obyek wisata air tejun, Curug Cilember juga mempunyai tempat penangkaran kupu-kupu. Yang disebut Taman Kupu-Kupu. Disini wisatawan dapat belajar mengenai berbagai macam spesies kupu-kupu.
     
    Potensi Wilayah : Wana wisata ini terdiri dari 2 ha hutan tanaman (Agathis, Rasamala dan Pinus), potensi visual lansekap menuju lokasi cukup menarik dengan pemandangan alam berupa pegunungan & perkebunan, sedangkan bentang alam/potensi visual lansekap di dalam kawasan yang mempunyai karakteristik khas adalah tegakan tanaman hutan dan panorama kota Bogor.
     
    Potensi Wisata : Wana wisata ini digunakan untuk wisata berkemah. Untuk kegiatan berkemah ini tersedia dua kompleks perkemahan.
    Curug Cilember memiliki tujuh buah air terjun, dengan jeram tertinggi 30 meter. Namun Curug (air terjun) yang paling banyak dikunjungi adalah curug yang keempat. Curug keempat ini diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda, mempercepat dapat jodoh serta dapat menyembuhkan penyakit. Tepat di atas lokasi curug 7 tedapat sebuah makam keramat yang setiap harinya sering dikuknjungi oleh masyarakat, untuk berziarah, dan mencari berkah. Menurut sejarah makam ini bernama makam Embah Jaya Sakti yang masih memiliki garis keturunan Prabu Siliwangi dari kerajaan Pajajaran.
    Berdasarkan keterangan Bapak Mahdi yang dipercaya sebagai juru kunci embah Jaya Sakti juga masih memiliki hubungan darah dengan Tubagus Arifin yang berada di Kiaralawang bogor (Kebun Raya Bogor). Biasanya penziarah mencapai puncaknya pada setiap bulan Rabiul awal.
    Konon Curug Cilember juga merupakan tempat mandi para putri dari kayangan. Bahkan bebnerapa penduduk diantaranya Enus (70 th) orang pertama yang tinggal di sekitar curug Cilember, pernah melihat sekitar 7 putri cantik yang sedang mandi dan bercengkraman di curug keempat.
    Fasilitas : Fasilitas yang sudah tersedia dalam wana wisata ini adalah berupa pos jaga, pondok kerja, loket karcis, jalan setapak, tempat parkir, MCK, shelter (gardu pandang), tempat duduk, ruang informasi dan tempat sampah.
    Aksebilitas : Wana wisata ini dapat dicapai dari Bogor 10 km. Kondisi jalan umumnya baik(beraspal), dapat dilalui kendaraan roda empat. Sarana transportasi umum yang ada adalah angkutan ojek dari jalan jurusan Bogor – Puncak.
    Peta Lokasi