Potensi Industri Kreatif

Kota Lainnya
Potensi
Kabupaten Bandung Barat

Industri Kreatif Kabupaten Bandung Barat

http://www1.jabarprov.go.id/assets/data/potensi/173_Bagkanan.jpg

Kabupaten Bandung Barat dibentuk pada tahun 2007, sebelumnya adalah bagian dari wilayah Barat Kabupaten Bandung. Ibukota dari Kabupaten ini adalah Ngamprah, di sentra industri di sebelah barat Bandung. Posisi Kabupaten Bandung Barat adalah antara Jakarta dan Kota Bandung. Ini adalah tempat dimana dua jalan utama (Jakarta-Puncak/Sukabumi-Bandung) dan (Jakarta-Purwakarta-Bandung) dan dua kereta api rute (Jakarta-Bandung) dan (Cianjur-Bandung) bergabung. Dan juga memiliki sambungan ke kota-kota lain menggunakan jalan tol Jakarta-Bandung antar Kota, dengan perusahaan Gerbang Tol Padalarang. Serta memiliki stasiun kereta api besar, stasiun kereta api Padalarang, antarKota beberapa kelas Ekonomi dan kereta api dalam negeri berhenti di stasiun ini.

http://www.jabarprov.go.id/assets/images/ukm/Bandungbarat/Bagkanan.jpg   http://www.jabarprov.go.id/assets/images/ukm/Bandungbarat/bagKiri.jpg
Kabupaten Bandung Barat memiliki potensi alam danpotensi ekonomi yang memberikan kontribusi cukup besar terhadapperkembangan perekonomian daerah maupun nasional. Beberapa  potensi yang dimiliki Kabupaten Bandung Barat diantaranya pertambangan,antara lain adanya andesit, pasir, marmer, kapur yang tersebar di beberapa kecamatan; potensi kehutanan dengan adanya  hutan lindung / hutan wisata / hutan baru; potensi perkebunan yaitu  teh, cengkeh, kopi, dan karet; potensi peternakan terdiri atas sapi perah, sapi potong, kerbau, kuda , domba, kambing, ayam buras, ayam petelur, ayam pedaging, dan itik, potensi tanaman pangan dan holtikulura dengan adanya sentra produksi kamoditas tanaman pangan dan holtikultura unggulan yang terdiri dari beberapa jenis komoditas seperti : jagung, padi, kacang tanah, ubijalar, kentang, kubis, tomat, cabe merah, salak, rambutan, pisang, tanaman hias.
Alam di daerah kabupaten Bandung Barat sangat menjanjikan untuk obyek Pariwisata, seperti : Gn. Tangkuban Perahu di sebelah utara sampai Taman Hutan Ir. H. Juanda di sebelah Selatan, Waduk Saguling di sebelah Barat, dan Maribaya di sebelah Timur.
Berbagai produk unggulan dihasilkan pula di Kabupaten Bandung Barat, diantaranya adalah beberapa kerajinan mulai dari kerajinan dengan bahan dasar bamboo, tulang ikan, kulit buaya sampai dengan berbagai jenis makanan yang diolah yangmenghasilkan produk makanan khas.

http://www.jabarprov.go.id/assets/images/ukm/Bandungbarat/Phiakiri.jpg  http://www.jabarprov.go.id/assets/images/ukm/Bandungbarat/Phiakanan.jpg

Salah satu produk kerajinan hasil kreatifitas salah satu warga Kabupaten Bandung Barat, adalah Kerajinan Batok. Di berbagai pameran hasil karya dari kerajinan batok ini selalu  terpajang. Dengan harga yang cukup murah, para pengrajin banyak menerima pesanan untuk berbagai acara, diantaranya untuk souvenir,  bahkan untuk acara-acara  khusus.Lokasi pengrajin batok di Kampung Cibolang, RT 03/RW 09 Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kab. Bandung Barat. Nama pengrajinnya, Taryana. Bagi anda yang ingin lebih mengetahui berbagai produk dari batok tersebut, dapat menghubungi Maman Charman, dengan kontak pada 085295128423.

http://www.jabarprov.go.id/assets/images/ukm/Bandungbarat/BagTengah.jpg   http://www.jabarprov.go.id/assets/images/ukm/Bandungbarat/Phiatengah.jpg
Produk kreatif lainnya adalah makanan Kue Phia. Dengan rasa yang tidak kalah dengan kue phia yang terkenal dari daerah lain, So-Phia (merek kue phia)  yang beralamat di Jl. Dharma Blok C No. 10 Kayu Ambon Kecamatan Lembang Kabupaten  Bandung Barat ini memiliki rasa yang lebih khas dan sangat renyah. Lokasipengrajin Makanan Kue Phiatidak jauh dari  beberapa tempat wisata di Lembang.  sehinggabanyak diburu oleh para wisatawan terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Rasa dari  kue  So-Phia ini pun beragam, ada rasa coklat, kacang hijau, keju, dan nanas.  Bagi anda yang ingin lebih mengetahui berbagai produk dari Kue Phia tersebut, dapat menghubungi Hanny, dengan kontak pada 081584094319.


SOSIAL MEDIA