Potensi Pariwisata

Kota Lainnya
Potensi
Kota Tasikmalaya

Wisata Situ Gede

http://www1.jabarprov.go.id/assets/data/potensi/126_Chrysanthemum.jpg

Wisata Situ Gede
Alamat : Desa Linggang Jaya Kec. Mangkubumi
Status pengelola : Pemkot
Luas Lahan : 470.000 m2
Fasilitas : Gazebo, Rakit, Parkir luas, Perahu bermotor, Jogging Track
Situ Gede bisa dimasuki dari jalan Ir. H. Juanda atau dari jalan Mayor SL Tobing setelah melewati  pemukiman penduduk, akan sampai di situ gede. Danau (situ) seluas 48 Ha ini dipenuhi ribuan M3 air, yang memanjakan bagi mereka yang menyukai memancing atau menangkap ikan dengan jala, atau lalayaran naik rakit tradisional dan perahu motor yang tersedia di situ gede, demikian juga untuk berjiarah ke makam prabu Adilaya yang terletak di tengah-tengah pulau yang di situ gede bias menggunakan rakit  dan perahu motor.
Pulau situ gede dimana Prabu Adilaya di makamkan luasnya sekitar 1 ha, dengan jarak cukup jauh dari sumber kebisingan, di pulau ini pengunjung merasakan ketenangan banyak pemancing atau penjala ikan bercerita, kadang-kadang melihat empat ekor ikan deleg (gabus) yang menurut cerita ditanam oleh ibu Prabu adilaya yaitu si Gendam, si Kohkol, si Genjreng, dan si Layung, sekali muncul dengan ukuran yang sangat besar.
Pengunjung juga bisa menggunakan fasilitas gazebo yang dibangun di pinggir situ Gede dan di atas bukit di sekitar Situ. Aktivitas lain yang bisa dilakukan yaitu jogging atau bersepeda menggunakan fasilitas jogging track yang ada di tepi selatan dan timur situ gede, atau melakukan outbond di perbukitan sekitar situ Gede dan camping wisata memnafaatkan bantaran situ gede. Event yang dapat di saksikan di bantaran situ gede, mulai dari balap rakit, festival rakit hias, lomba dayung perahu sampai lomba mincing yang menjadi utama tiap tahun terutama di bulan Juli dan menjelang Hari Raya.

SOSIAL MEDIA