Pemprov.Jabar Tinjau Kuota Kedelai

2013-08-28 12:06:36 - BERITA - 61369 VIEWS - 0 KOMENTAR - SUMBER : release
http://www1.jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0275.-23jpg_.jpg

 

BANDUNG-Lonjakan harga kedelai akhir-akhir ini kembali terjadi. Dengan memperhatikan produksi lokal kedelai yang hanya 30% dan sebagian besar yaitu 70% didatangkan dari impor, maka perlu ada solusi karena dengan naiknya harga kedelai khususnya di Jabar banyak industri makanan seperti tahu dan tempe yang mempergunakan bahan baku kedelai. Hal demikian, dikatakan Kadis Perindag Jabar, Ferry Sofwan Arif dalam keterangannya kepada wartawan (27/8).
 
Ferry lebih lanjut memaparkan, kewenangan kebijakan impor kedelai ada di pihak Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan. Kewenangan tersebut, termasuk didalamnya izin dan kuota. Selanjutnya, merujuk kepada peraturan yang diterbitkan di tahun 2006, kewenangan dari pemerintah juga ada dalam hal penunjukkan agen dan distributor kedelai.
 
Menyikapi keadaan naiknya harga kedelai, kini perlu dilakukan pembicaraan khusus antara pihak Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemkab/Pemkot. Melalui pertemuan tersebut, diharapkan dapat terbangun koordinasi  dengan tujuan untuk mengetahui dan memastikan jumlah kuota kedelai impor untuk masing-masing wilayah baik kuota Provinsi maupun kuota Kabupaten/Kota.
 
Informasi terkini soal penetapan kuota harus utuh diketahui oleh pemerintah di daerah. Informasi tersebut, ujar Ferry dibutuhkan agar pemerintah di daerah dapat mengawasi kondisi kedelai baik dari sisi distribusi maupun stok sehingga jika ada peristiwa seperti lonjakan harga dapat mengetahui penyebabnya. (Nur)
Share |

BERITA TERKAIT

http://www1.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10489.jpg 2014-12-30 00:00:00 - 1.566 Views

Wagub: Satpam, Penunjang Keamanan Lingkungan Kerja

http://www1.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10487.jpg 2014-12-30 00:00:00 - 1.605 Views

Gubernur Ingin Teh dan Kopi Jawa Barat Mendunia

KOMENTAR

Belum ada komentar

BERIKAN KOMENTAR

Your Email Address will not be published. Required fields are mart *
* *
*
You must enable javascript to see captcha here!

SOSIAL MEDIA