Bawaslu Jabar Siaga Pilkada Serentak

2014-12-30 00:00:00 - BERITA - 603 VIEWS - 0 KOMENTAR - SUMBER : reporter-nur
http://www1.jabarprov.go.id/assets/images/berita

BANDUNG. Kendati Perpu tentang Pilkada belum final, pihak Bawaslu kini sudah menyiapkan langkah siaga.

 Hal tersebut dimaksudkan jika Perpu Pilkada final disetujui DPR RI, ungkap Ketua Bawaslu Jabar, Hermanus Koto dalam keterangannya kepada wartawan , Selasa (30/12).

Herminus, lebih lanjut memaparkan jika Perpu Pilkada final,   untuk Pilkada serentak di Jabar yang di tahun 2015 Sebanyak 5 Kabupaten/Kota berdasarkan laporan yang diterima Bawaslu Jabar, seluruhnya  sudah siap.

Sehubungan dengan kondisi tersebut, Bawaslu Jabar sudah melakukan sosialisasi di semua daerah tersebut.

Seluruh daerah tersbut, juga  sudah mempunyai persepsi sama. Jika Pilkada serentak jadi direalisasikan, pendekatan pengawasan menggunakan pola partisipasi secara terintegrasi.

Pengawasan dilaksanakan baik vertikal dan horizontal karenanya pelibatan masyarakat dibuka ruang gerak partisipasinya sehingga jika ada praktek money politik masyarakat dapat mengawasinya.

Bagi masyarakat yang mendapatkan informasi tersebut, selanjutnya dilaporkan dan ditindaklanjuti oleh Bawaslu untuk selanjutnya oleh Bawaslu diproses.

Dengan sistem seperti itu, akan menghasilkan Pilkada yang demokratis dan berintegritas.

Perlindungan saksi, ujar Hermanus juga ada dengan bekerja sama dengan lembaga perlindungan saksi.

Sementara itu, Guru Besar Ilmu Pemerintahan Prof Sadu, dalam keterangannya secara terpisah mengatakan berkenaan dengan rencana Pilkada serentak harus dilihat apa Perpu tentang Pilkada  diterima atau ditolak.

Hal terpenting, Pemilu harus menjadi produk  proses demokrasi yang jujur dan adil sehingga peran besar ada di pihak Bawaslu. (Nur)

Share |

BERITA TERKAIT

KOMENTAR

Belum ada komentar

BERIKAN KOMENTAR

Your Email Address will not be published. Required fields are mart *
* *
*
You must enable javascript to see captcha here!

SOSIAL MEDIA